zutens
Joined: 12 Sep 2017 Posts: 8
|
Posted: Tue Sep 12, 2017 7:37 am Post subject: Contoh Format Surat |
|
|
Surat merupakan layanan komunikasi dan informasi untuk menyampaikan suatu pesan tertulis dari suatu pihak ke pihak lain. Fungsi dari surat mencakup lima hal yakni sebagai fasilitas pemberitahuan, permintaan, buah pikiran dan gagasan. Sebagai alat bukti tulis, alat pengingat, bukti historis, dan pedoman kerja. Pada kebanyakan pengiriman surat harus ditempelkan perangko pada amplop surat sebagai alat ganti bayar untuk jasa pengiriman.
Mungkin dari kami tetap jarang dalam menyebabkan ataupun menggunakan surat resmi, cuma segelintir orang yang bekerja diistansi saja yang mampu dan sering membawa dampak surat formal dari salah satu surat remi yang kerap dipakai.
Akan tetapi, dapat tersedia suatu masa di mana kita dapat butuh surat resmi untuk kepentingan penting atau lebih-lebih mendesak. Misalkan jikalau kamu hendak melamar kerja pasti bakal membutuhkan yang namanya surat lamaran, bukan. Atau jika kamu adalah seorang bagian organisasi, dapat kerap membuat surat formal berwujud pemberitahuan ataupun undangan.
Sebelum lebih jauh mengupas mengenai surat resmi, alangkah baiknya jika kita paham terlebih dahulu apa itu surat resmi ? Apa kegunaan dan fungsinya ? Ciri-ciri dan bagian apa saja yang wajib tersedia di dalam sebuah surat? Dan tetap banyak ulang pertanyaan yang lainnya. anda bakal sadar jawabannya jika membaca artikel ini sampai tuntas.
Sebelum mengulas yang lain, kita bahas pernah apa itu surat resmi ? Arti berasal dari surat itu merupakan tempat komunikasi pada satu orang bersama dengan orang lainnya tanpa saling bertatap wajah hanya dalam wujud tulisan untuk mengemukakan pemberitahuan, informasi, ataupun permintaan.
Sedangkan surat resmi adalah surat yang dibikin dan dikeluarkan di dalam situasi formal/resmi dan dibikin dengan aturan tertentu yang sudah ditetapkan. Baik digunakan oleh perusahaan, perorangan, organisasi ataupun lembaga pemerintah dan daerah.
Fungsi Surat
Sebagai dokumen tertulis = yang digunakan sebagai dokumen tercantum atau bukti.
Sebagai alat pengingat = yaitu sebagai arsip dokumen yang bisa mengingatkan penerima didalam suatu hal, di dalam hal ini surat disimpan kecuali sewaktu-waktu akan dibutuhkan untuk mengingatkan penerimanya.
Sebagai pedoman kerja = yaitu untuk memberitahkan langkah-langkah kerja, juga sebagai pedoman di dalam mengerjakan pekerjaan tertentu.
Sebagai wakil penulis = di dalam surat, penulis mampu mewakili tanpa perantara. Melalui surat, penerima surat menyadari pesan yang disampaikan oleh penulis gara-gara surat juga merupakan percakapan tertulis.
Menjamin keamanan atau sebagai info = maksudnya yakni bersama ada surat, dapat ada sebuah keamanan pada apa yang akan dilakukan. Contohnya Surat izin mendirikan bangunan. Dengan surat tersebut seseorang atau sebuah perusahaan secara hukum sudah sah, sehingga tidak akan tersedia yang menggugatnya.
Sebagai bukti historis = yaitu merupakan bukti kronologis (perjalanan) yang jelas.
Macam-macam Jenis Surat :
Surat Pribadi adalah surat yang dibikin oleh anda sendiri yang berfungsi untuk mengirim kepada sahabat, keluarga, saudara dan lain-lain.
Surat Resmi adalah surat yang bisa digunakan untuk keperluan yang berwujud resmi, kebanyakan digunakan perorangan, instansi, maupun organisasi contohnya undangan, surat edaran dan surat pemberitahuan.
Surat Niaga adalah surat yang digunakan bagi perorangan, perusahaan yang sedia kan aktivitas bisnis niaga seperti industri dan usaha jasa. Surat ini sangat berfaedah di dalam membangun suatu jalinan atara pihak penjual bersama dengan pihak pembeli.
Surat Dinas adalah surat yang digunakan untuk keperluan pekerjaan formal seperti halnya dalam sebuah lembaga dinas dan tugas kantor. Surat dinas benar-benar mutlak didalam pengelolaan administrasi dalam suatu instansi. Adapun manfaat berasal dari surat dinas yaitu sebagai dokumen bukti secara tertulis, alat pengingat terkait bersama faedah yang cocok bersama dengan arsif, seperti bukti sejarah atas pertumbuhan instansi, dan pedoman kerja di dalam bentuk surat ketentuan instruksi
Surat Lamaran Pekerjaan adalah surat yang dibikin dan dikirim oleh seseorang yang ingin bekerja dalam sebuah perusahaan, kantor dan instansi tertentu. Surat lamaran terhitung surat dinas atau surat resmi. Oleh dikarenakan itu di dalam menyusun surat lamaran terdapat aturan-aturan khusus yang mesti diperhatikan di dalam penulisannya.
Secara umum jenis surat sanggup digolongkan jadi tiga bagian yakni surat pribadi, surat dinas dan surat niaga sekiranya bisa ditinjau berasal dari segi segi bentuk, isikan dan bahasanya. Sedangkan seandainya sanggup digolongkan bedasarkan pemakaiannya mampu dibagi menjadi tiga macam yaitu surat pribadi, surat formal dan surat dinas.
Surat khusus yang digunakan sebagai keperluan privat punyai bagian-bagian didalam penyusunannya sebagai berikut:
Tidak mengunakan kop surat
Tidak ada nomer surat
Salam pembuka dan salam penutup bervariatif
Penggunaan bhs yang bebas, sesuai dengan keinginan penulis
Format surat bebas
Surat formal sebagai surat yang digunakan untuk keperluan yang berwujud resmi dalam menyusun surat resmi mempunyai bagian dalam penyusunannya sebagai berikut:
Menggunakan kop surat apabila surat resmi dikeluarkan oleh organisasi/lembaga/pemerintah
Mempunyai no surat, lampiran dan perihal
Menggunakan bhs resmi
Memberikan cap atau stempel dari instansi resmi
Mempunyai keputusan format dan baku
Struktur Bagian Penulisan Surat Resmi
1. Kepala atau Kop Surat
Kop surat terdiri dari:
• Logo lembaga atau lembaga
• Nama lembaga atau lembaga. Ditulis bersama huruf kapital atau huruf besar.
• Alamat, no telepon, fax dan email instansi atau lembaga.
2. Nomor surat
Suatu lembaga, dinas dan instansi pada umumnya mengfungsikan kode dan nomer tertentu.
3. Tanggal surat
Tanggal surat Penulisan disebelah kanan sejajar dengan nomor surat
4. Hal atau Lampiran
Berisi berasal dari lembaran lain yang disertakan tidak cuman surat
5. Alamat Tujuan
Alamat terhadap lembar kertas surat boleh ditulis singkat, gara-gara udah ada terhadap sampul surat yang memuat alamat lengkap.
6. Salam Pembuka
Pada umumnya penulisan salam pembuka tidaklah wajib, namun bakal lebih baik dan santun jika diawal percakapan ditulis salam pembuka.
7. Isi surat
Isi surat merupakan bagian inti yang paling penting, kudu dituliskan dengan lengkap dan jelas. Selain itu, isikan surat terhitung perlu memanfaatkan bahasa yang baku, mudah dimengerti dan termasuk dipahami oleh penerima surat.
8. Salam Penutup
Sama halnya bersama salam pembuka, salam penutup digunakan untuk tingkatkan kesantunan didalam tata langkah berkomunikasi yang baik dan benar.
9. Tanda tangan dan Nama Penangung Jawab
Terakhir adalah sinyal tanggal dan nama penulis surat yang bertanggung jawab pada mengisi berasal dari surat formal tersebut. Pada bagian ini juga disempurnakan dengan NIP Pengawai dan stempel lembaga, dinas atau instansi.
Baca juga: https://www.google.com/url?q=http://infoana.com/contoh-kata-pengantar/&sa=D&ust=1505200942512000&usg=AFQjCNGredRcYFT4NY-q9Ovnjrdr1Cvxpw
10. Tembusan
Tembusan bisa di isi apbila tersedia pihak lain yang diakui perlu paham mengisi dari surat tersebut.
Baca Juga: https://www.google.com/url?q=http://infoana.com/contoh-kata-pengantar/&sa=D&ust=1505200942512000&usg=AFQjCNGredRcYFT4NY-q9Ovnjrdr1Cvxpw
Demikianlah Info perihal macam-macam tipe surat resmi dan bagian-bagiannya. semoga informasi ini sanggup berguna bagi Anda dan kita semua. Jadi itulah pembahasan perihal pengertian dan macam macam surat beserta contohnya. |
|